Jam Terbang John Dyer Baizley Sebagai Seniman – Tidak banyak orang yang mampu menjadi seniman ternama hingga terkenal ke seluruh penjuru dunia. Jangankan begitu, berkarya dalam musik, lukis, tari dan lain – lain bukan perkara mudah. Jika berkaca pada John Dyer Baizley, tentunya sejumlah musisi sangat iri padanya. Sebab pria kelahiran Pittsburgh itu telah menjelma sebagai penyanyi dan pencipta lagu dengan aliran Heavy Metal dan Punk Rock.

Seluruh penjuru dunia pun telah mengenal bagaimana cara John Dyer Baizley bergaya di atas panggung. Karena sejak kemunculan album pertamanya bersama Baroness, Ia sukses menyulap pasang mata bahwa tak ada musisi yang lebih baik darinya sekalipun band tersebut adalah Metallica. Jam terbang dan pengalaman yang dimilikinya pun sangat tidak bisa diragukan lagi. Maka tak heran jika seniman sepertinya amat patut dilestarikan, dan kalau perlu diturunkan sampai generasi ke generasi.

Aperfectmonster – Hampir seluruh karya seni John Dyer Baizley mengandung unsur visual. Terlebih pada aliran musiknya yang diyakini mampu menggabungkan antara hal mistis dengan kisah nyata. Walau begitu, para musisi terkenal dunia tampak kesulitan meniru aksi panggulnya. Itu karena Baizley terlahir dari seorang seniman terkenal dunia. Di tambah lagi pengetahuan ensiklopedisnya dinilai terlalu primitif. Sehingga semua album yang dipersembahkannya pun sangat laku di pasaran.

  • Reinkarnasi Musisi Abad ke-19

Banyak musisi kenamaan yang menyebut bahwa John Dyer Baizley sukses menghidupkan kembali karya seni di abad ke-19 yakni Art Nouveau. Meski begitu, persembahan yang Ia tampilkan lebih mengandung unsur improvisasi bergantung dengan perkembangan jaman. Di sisi lain, Ia pun berhasil mengadopsi karya seni Moravia Alphonse Mucha yang hingga kini masih melegenda.

Beberapa publik sangat yakin kalau Baizley tak kan pernah muncul untuk kedua kalinya. Sebab semua aliran musik hingga karya terbaru yang dirilis sangat berbeda jauh dengan karya seni musisi lainnya. Lagu – lagu Baizley tak hanya enak didengar walau beraliran keras, akan tetapi banyak mengandung makna tentang kehidupan dan kisah mistis.

  • Rajai Ratusan Panggung Dunia

Sangat sulit mengatakan bahwa John Dyer Baizley adalah satu – satunya musisi yang berhasil merajai ratusan panggung dunia. Faktanya karir panggung yang telah Ia awali pada tahun 2007. Di saat itu, beberapa produser kenamaan mulai menggunakan jasanya untuk mempopularitas segala macam sponsor dan hal lain yang berujung keuntungan besar nan abadi.

Beberapa tahun kemudian, semua musisi dunia pun terheran – heran melihat aksinya yang selalu bisa merangkai kata – kata indah dalam balutan musik Heavy Metal. Terlepas dari itu, Ia pun juga bisa berkarya dalam bentuk foto kontemporer. Hingga detik ini karya – karyanya telah dikenal publik dan mulai membuat iri sebagian besar musisi ternama lainnya.

Baca juga : Fakta Menarik Tentang Seniman Ternama John Dyer Baizley

  • Kerja Sama Berkelanjutan

Saat ini saja John Dyer Baizley dan Baroness terikat kontrak kerja sama dengan beberapa perusahaan dan pameran galeri seni kontemporer. Ikatan kerja samanya berawal dari Roadburn Festival, Sea Foundation dan lain sebagainya. Pameran yang dipertontonkan Baizley mulai mencengangkan dunia sejak masuk ke ruang kerja Gust van Dijk Project Space Tilburg.

Uniknya lagi, para pelukis terbaik dunia pun kerap hadir dalam acara tersebut. Lebih hebatnya lagi, beberapa foto karya Baizley sering dijual untuk acara amal. Tak khayal jika kesuksesan pun merambat kemana – mana. Sebab jam terbangnya sejak menjarah dunia musik acap kali mendapatkan acungan jempol dari para band kelas dunia.