Fakta Menarik Tentang Seniman Ternama John Dyer Baizley – Semua seniman di seluruh dunia pun tahu siapa John Dyer Baizley. Ia merupakan musisi ternama dunia yang lahir di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat. Ia tak hanya terkenal dengan pemain musik, melainkan penulis dan penyanyi lagu band Baroness serta seniman profesional. Sejak beberapa tahun silam karyanya pun mulai tersebar di seluruh penjuru dunia.

Singkatnya John Dyer Baizley dibesarkan di Rockbridge County, Virginia, Amerika Serikat. Pada waktu itu, Ia mendaftarkan diri untuk mengenyam pendidikan di Rhode Island pada usia 18 tahun. Akan tetapi masa pendidikannya tidak tamat alias mengundurkan diri sebelum waktunya dalam tahun ketiga. Tepat pada usia 21 tahun, Ia memilih untuk pulang ke Virginia. Dan setelah beberapa tahun kemudian, Ia menjarah Kota Savannah dan pada akhirnya membentuk grup musik bernama Baroness.

Aperfectmonster – Pada saat itulah kesuksesannya pun mulai mengudara sebagai musisi ternama. Uniknya John Dyer Baizley membungkus 5 albumnya dalam karya visual yang pertama Red Album (2007), Blue Record (2009), Yellow & Green (2012), Purple (2015) dan Gold & Grey (2019). Semua publik musisi dunia mengakui bahwa keberhasilannya dalam bidang nada tidak dapat diragukan lagi. Sekalipun Ia hanya meluncurkan 5 album, namun aksi panggungnya sangat luar biasa.

  • Bergenre Heavy Metal

Seni musik yang dikembangkan John Dyer Baizley bersama Baroness mengambil genre Heavy Metal. Karena sejatinya Ia merupakan penggemar setia band metal terdahulu. Pada tahun 2020 silam, Ia mampu menyulap dunia melalui belantika musik international. Karena mereka telah menggabungkan perpaduan antara aksen psikedelia, ambient serta raw untuk memberikan kesan terbaik terhadap irama nada.

Sangat masuk akal sekali jika aliran musik band tersebut terkategori prog metal. Karena gestur yang telah dikembangkan terbilang sangat aman dari tindak kriminal. Di satu sisi, sound yang mereka lantunkan menghasilkan nada otentik dari pada band lain sebelumnya. Nilai estetika pada musik mereka sangat tidak dapat ditiru oleh musisi dan sejumlah grup musik lain.

  • Meledak ke Udara

Sempat disejajarkan dengan Metallica, namun aliran musik Baroness sangat jauh berbeda. Hal yang membuat mereka sukses meledak ke udara lantaran pencipta dan penyanyi lagu tersebut merupakan seniman yang sangat berbakat. John Dyer Baizley berhasil mengeluarkan tiga EP yang meledak pada tahun 2004 hingga 2007. Karya dan alunan lagi yang dipersembahkan tidak banyak mengandung drama.

Dan pada tahun 2009, Baizley mulai menunjukan tajinya bahwa Ia tak hanya sebagai musisi tunggal. Akan tetapi Ia berhasil mencetak sejumlah karya seni lukis yang tak jauh beda dengan karya Michel Angelo. Tak sedikit orang berpandangan bahwa karakter lukisan yang Ia kembangkan mencapai titik maksimal. Walau sebelumnya karya tersebut tidak diperjualbelikan.

  • Kudeta Musisi Top

Sejumlah festival dan acara musik ternama telah dijalankan secara maksimal. Dan kabarnya John Dyer Baizley akan mengkudeta sejumlah musisi top dunia yang sampai detik ini masih abadi. Beritanya Baroness akan melenyapkan band sekelas Dream Theatre untuk waktu yang berkepanjangan. Walau hal itu tidak mudah, namun dirinya tetap merasa yakin.

Baca juga : Menilik Karya Seni Visual nan Mistis John Dyer Baizley

Semua musisi internasional pun terheran – heran mengapa hanya dirinya yang mampu menciptakan karya seni yang begitu indah. Karena musisi lain hanya memiliki keahlian dalam menyalurkan nada. Beberapa media menyebut bahwa Baroness tak kan pernah hancur, sekalipun terdapat pesaing terberat yang dalam tahap ini mengembangkan irama lagu dengan genre yang serupa.