Menilik Karya Seni Visual nan Mistis John Dyer Baizley – Tak sedikit musisi internasional yang menilai kalau John Dyer Baizley tidak hanya unggul dalam menghasilkan nada indah di setiap lagunya. Karena keyakinan mereka lebih tertuju pada seni visual terhadap aliran musik yang dikembangkan band Baroness. Baizley sangat unggul dalam memamerkan karya seni lukis yang bertajuk mistis. Itu karena kedua orang tuanya merupakan ahli seni rupa. Jadi tak heran apabila dirinya memiliki bakat yang sama.

Dalam sejarahnya, John Dyer Baizley tidak sampai lulus kuliah lantaran memilih untuk mengembangkan dan memperluas nada indah yang harus muncul dengan aroma berbeda dari yang sudah ada. Selama 3 tahun mengenyam pendidikan seni, Ia merasa tidak memiliki kemampuan untuk mengabdikan dirinya tanpa ada dorongan untuk melangkah lebih maju. Memutuskan untuk mundur dari bangku kuliah membuatnya menjelma sebagai seniman kawakan dunia.

Aperfectmonster – Bersama Baroness, John Dyer Baizley memiliki tugas yang cukup berat. Akan tetapi kepindahannya ke Savannah membuatnya sangat yakin bahwa musik merupakan hal yang paling bisa meningkatkan kualitasnya sebagai musisi top dunia. Di tahun yang sama, Ia pun melupakan seni lukis dan mulai berfokus pada musik. Kesuksesannya bisa dibilang mencapai klimaks setelah sukses mendirikan 5 album mulai tahun 2007 hingga 2019.

  • Lepas Dari Narkotika

John Dyer Baizley memilik ketergantungan terhadap obat – obatan terlarang sejenis Narkotika. Pada saat itulah Ia memutuskan untuk berhenti kuliah lantaran tidak mampu mengontrol emosi yang berlebihan. Akan tetapi rekan – rekannya berusaha untuk meyakinkan bahwa potensi masa depan lebih baik dari pada kesenangan sesaat. Beberapa tahun kemudian Ia pun terlepas dari kecanduan Narkotika dan mulai menciptakan album perdana.

Setelah menjalani masa – masa sulit, barulah John Dyer Baizley bisa berjaya dengan menghadirkan genre Heavy Metal yang faktanya tidak kalah saing dengan band dunia seperti Metallica. Pada masa itu, Baroness sukses naik turun panggung lebih dari 250 kali per tahun. Saat itulah band tersebut mulai memiliki nama besar.

  • Munculkan Karya Mistis


Setelah melahap ratusan panggung global, John Dyer Baizley mulai mendapatkan tawaran untuk masuk ke dunia visual. Menariknya, seni tersebut mengadopsi tentang kehidupan nyata dan makhluk halus. Warna lukisan yang Ia tampilkan pun terlihat aneh namun memiliki arti tersendiri. Sayangnya miliaran publik masih belum mengenal makna dari setiap lukisan yang Ia ciptakan.

Walau terkadang galeri tersebut terlihat sederhana, namun bagi Baizley karya tersebut memiliki banyak arti. Imajinasinya pun mulai berkembang kemana – mana, sampai – sampai beberapa foto yang Ia miliki menjadi pusat perhatian para seniman dunia. Konsep utama lukisan tersebut yaitu tidak menggambarkan keadaan di dunia nyata. Dan meskipun karya tersebut beraroma mistis, namun Ia mengartikan bahwa lukisannya menjalankan tentang kisah terdahulu yang hingga kini masih menjadi misteri.

  • Tidak Akan Berhenti Berkarya


Tidak hanya Metallica, musisi terbaik dunia ternama seperti Gillian Welch, Kvlertak Kylesa, Flight of the Concords dan sederet seniman lainnya pun tidak percaya akan keahlian yang dimiliki John Dyer Baizley. Sebab karya seni visualnya memiliki ciri khas tersendiri. Sehingga mereka dipastikan tak kan berhenti berkarya.

Terlebih pada saat perilisan album kelimanya yang bertema Gold & Grey tahun 2019. Seluruh penggemar genre metal mulai merasakan nada visual yang jauh lebih bermakna. Dan kabarnya awal tahun depan akan menjadi pembuktian bahwa John Dyer Baizley kembali mengeluarkan single terbaru yang sangat tidak bisa diduplikasi.