Seni Visual Mistis John Dyer Baizley – Siapa yang tidak mengenal John Dyer Baizley? Sosok terkenal asal Virginia ini merupakan musisi dan seniman kawakan yang namanya tidak asing lagi bagi dunia internasional. Nama Baizley mulai dikenal oleh masyarakat dunia akibat kepiawaiannya dalam bermusik bersama dengan Baroness. Sebelum bergabung dengan Baroness, ia bersekolah di sekolah seni Rhode Island. Ia belum sempat menyelesaikan pendidikannya dan memutuskan untuk keluar pada tahun ketiga. Keputusan keluar juga ia alami kembali ketika mengenyam pendidikan di fakultas. Ia keluar dari sekolah tinggi ketika berusia 21 tahun. Keputusan yang diambilnya membuatnya harus kembali ke tanah kelahirannya yang berada di Virginia. Ia kemudian beralih ke Savannah untuk meniti karirnya. Di sinilah ia memulai karirnya sebagai seorang musisi bersama dengan Baroness.

Aperfectmonster – Dalam bermusik, Baizley tidak melupakan kemahirannya dalam menciptakan seni visual. Ia memiliki kemampuan dalam menciptakan cover pada album Baroness. Keahliannya dalam menciptakan seni visual tidak lepas dari peran orang tuanya. Bukan menjadi rahasia lagi, kedua orang tua sang musisi ternama ini berasal dari dunia seni. Tak mengherankan jika Baizley sangat pintar menggores gambar di atas kertas. Pada saat bersama dengan Baroness, Baizley sempat meninggalkan dunia seni. Keputusan tersebut ia lakukan dengan alasan ingin fokus bermusik dan memiliki mimpi untuk menjadi musisi ternama dunia. Ia dan grup musiknya berhasil meluncurkan lima album dan membuat nama besarnya semakin dikenal. Sebelum mencapai keberhasilan dalam bermusik, Baizley pernah mengalami masalah yang cukup pelik. Ketergantungannya terhadap obat-obatan terlarang membuatnya harus berhenti berkualiah. Selang beberapa tahun kemudian, Baizley berhasil lepas dari obat-obatan tersebut.

Setelah mengalami masa yang sulit, sang musisi dapat bangkit dan membawa Baroness setara dengan grup metal ternama lainnya, Metallica. Keberhasilan Baroness dapat dilihat dari jumlah panggung yang mereka lakukan selama setahun. Per tahunnya, Baroness mampu menyelenggarakan pergelaran musik hingga 250 kali. Dari banyaknya pergelaran musik yang dilakukan, Baizley berhasil menjalin hubungan dengan orang-orang dari dunia yang berbeda. Ia bahkan mendapatkan tawaran untuk menciptakan seni visual yang menakjubkan. Baizley menciptakan seni dengan tema mistis. Dalam karya seninya, kita dapat melihat keterlibatan makhluk halus di dalamnya. Keberadaan makhluk halus dan mistis tersebut memberikan kesan tak biasa pada lukisan. Keanehan juga nampak pada penggunaan warna lukisan. Warna pada lukisan memiliki arti yang cukup dalam. Meskipun begitu, masih banyak pihak yang tidak memahami dengan baik akan makna lukisan yang Baizley ciptakan.

Baca juga : Sejarah Singkat 3 Album Terbaik John Dyer Baizley

Penampilan galeri yang diciptakan oleh Baizley nampak sederhana. Namun demikian, Baizley menganggap bahwa karya seni yang ia buat memiliki banyak makna. Imajinasi yang ia miliki mulai berkembang di segala sisi. Foto yang Baizley miliki bahkan mendapatkan perhatian dari seniman dunia. Tema yang digunakan oleh sang seniman tidak melukiskan kehidupan nyata. Lukisan beraroma mistis terpancar dengan kuat yang membuatnya nampak berbeda. Baizley menilai bahwa makna pada lukisan yang dibuatnya merupakan kisah yang terjadi pada zaman dahulu yang masih menjadi misteri hingga kini. Seni visual yang dimilikinya sangat berbeda dengan penampilan seni dari seniman yang lainnya. Kemampan Baizley dalam menciptakan karya seni juga diakui oleh para pesohor lainnya. Mereka bahkan tak segan untuk menggunakan kemampuan sang musisi dalam menciptakan sebuah karya seni. Baizley pernah diminta untuk membuat seni visual pada merchandise band-band ternama dunia lainnya.