Penggalan Dunia Kehidupan John Dyer Baizley Sebagai Seorang Seniman dan Musisi – Menjadi seorang musisi dan seniman yang terkenal tidaklah mudah. Banyak hal yang perlu dilakukan dan dikorbankan sehingga menjadi sosok ternama yang dikenal oleh masyarakat dunia. John Dyer Baizley menjadi salah satu contoh sosok ternama dunia yang kehidupannya mengalami pasang surut. Sebelum menjadi sosok yang terkenal, ia harus menjalani kehidupan yang cukup bergelombang. Baizley merupakan sosok terkenal tidak hanya melalui musiknya tetapi juga melalui sebuah karya seni. Menghabiskan masa mudanya di Virginia, Amerika Serikat, Baizley berinisiatif untuk mendaftar pada sebuah sekolah seni desain. Kala itu, Baizley masih berusia 18 tahun. Pendidikan desain yang ia jalankan tidak diselesaikan dengan baik. Pada tahun ketiga sekolah seni desain, ia memutuskan untuk keluar dari sekolah tersebut. Ia pun melakukan hal serupa ketika usianya menginjak 21 tahun. Ia memutuskan untuk keluar dari kampus dan kembali ke Virginia. Tahun 2003, Baizley pindah ke Savannah dan meniti karir bermusiknya di sana.

Aperfectmonster – Nama besar Baizley mulai terdengar ketika ia meniti karirnya di Savannah. Nama besanya tidak hanya sebagai seorang musisi tetapi juga sebagai seniman. Ia bersama dengan Baroness berhasil mengeluarkan lima keping album. Kesemua cover album yang dimiliki oleh Baroness merupakan hasil tangan terampil dari seorang Baizley. Baizley tidak hanya terkenal melalui Baroness saja melainkan juga berasal dari karya seni yang ia ciptakan. Melalui seni, nama Baizley lebih dikenal daripada sepak terjangnya di dunia musik. Baroness menjadi grup metal yang terkenal secara internasional. Musik yang diantut oleh grup musik ini adalah metal dengan aksen ambient dan psikedelia. Mentalitas hardcore juga dapat ditemukan pada alunan musik Baroness. Keunikan musik yang dianut oleh Baroness juga berasal dari suara merdu sang vokalis, Baizley. Album pertama yang dimiliki oleh Baroness meluncur pada tahun 2007. Album tersebut mendapatkan tanggapan yang baik dari pendengar dan kritikus.

Penggalan Dunia Kehidupan John Dyer Baizley Sebagai Seorang Seniman dan Musisi

Dua tahun berselang, Baroness mengeluarkan album keduanya. Grup musik ini juga mengalami pergantian personil selama Baroness berdiri. Kesemua album yang dimiliki oleh Baroness menggunakan beragam ilustrasi yang diciptakan oleh Baizley. Kemampuan berseni yang dimiliki oleh Baizley berasal dari kedua orang tuanya. Kedua orang tuanya memiliki latar belakang seni yang kuat. Selama menjadi musisi, Baizley tidak pernah meninggalkan dunia seni. Ia menciptakan ilustrasi seni yang diterapkan pada kesemua cover album yang dimiliki oleh Baroness. Tur yang dilakukan oleh Baroness membuka peluang yang besar bagi dunia seni Baizley. Dari komunitas yang pernah ia temui selama melakukan tur, ia mendapatkan tawaran mendesain. Ketertarikan komunitas tersebut tentunya berasal dari kemampuan dan kelihaian Baizley dalam menciptakan seni visual.

Baca juga : Fakta Menarik yang Berkaitan dengan John Dyer Baizley

Karya visual yang diterapkan oleh Baizley pada semua hasil ciptaannya bertema makhluk mitos dan kehidupan. Peranan warna yang kuat turut menyertai semua karya seni yang ia ciptakan. Aspek tersebut menjadi pondasi bagi Baizley pada karya barunya. Cara ini juga ia terapkan ketika Baizley menggarap cover almbum Baroness. Konsep seni yang digunakan oleh sang musisi sekaligus seniman ini adalah imahi surreal yang dipadupadankan dengan pendekatan yang realistis. Detail memukau dan karya yang kontras nampak dengan jelas pada karya seni Baizley. Tidak hanya pada album Baroness, kemampuan seni sang musisi juga diterapkan pada merchandise grup musik lainnya. Kvlertak, Giliian Welch, Kylesa dan Metallica merupakan band musik yang memamfaatkan kemampuan Baizley dalam pembuatan merchandise.