Musikalitas dan Seni Visual yang Diterapkan Oleh John Dyer Baizley – John Dyer Baizley merupakan seorang musisi dan seniman ternama yang menghabiskan masa mudanya di Virginia, Amerika Serikat. Pada saat menginjak usia 18 tahun, sosok terkenal ini memutuskan untuk mendaftar di sekolah seni yang bernama Rhode Island. Sekolah desain yang ia tekuni tidak diselesaikan dengan baik. Pada tahun ketiga, Baizley akhirnya keluar dari sekolah seni Rhode Island. Ia pun memutuskan untuk keluar dari sekolah tinggi kembali ketika berusia 21 tahun. Keputusan yang diambilnya membuatnya harus kembali ke Virginia. Selang beberapa tahun tepatnya tahun 2003, Baizley tinggal ke Savannah dan mendirikan grup musik yang bernama Baroness. Melalui grup ini, nama besar Baizley mulai terdengar. Tidak hanya dikenal sebagai musisi, ia juga dikenal sebagai seorang seniman.

Aperfectmonster – Hingga saat ini, Baroness berhasil merilis 5 keping album yang desan albumnya dibuat langsung oleh Baizley. Keterlibatan Baizley di dalam mendesain album Baroness membuatnya semakin dikenal oleh masyarakat. Jika dibandingkan dengan anggota lainnya, nama Baizney lebih dikenal oleh masyarakat. Kemampuan Baizley dalam mendesain album membuktikan kepada masyarakat akan kemampuan seni yang dimilikinya. Ia merupakan musisi dan seniman yang sangat berbakat. Baroness menjadi band progresive yang menganut aliran musik metal. Dalam mematangkan karakteristik musiknya, Baroness menggabungkan kekuatan musik metal dengan aksen ambient dan aksen psikedelia. Tidak hanya itu, Baroness juga melengkapi musiknya dengan mentalitas punk atau hardcore pada setiap lagunya. Baroness mengenalkan musiknya melalui 3 EP yang rilis pada tahun 2004 hingga tahun 2007. Ketiga album tersebut menjadi modal Baroness di dunia musik metal.

Musikalitas dan Seni Visual yang Diterapkan Oleh John Dyer Baizley

Seiring dengan berkembangnya waktu, Baroness mengeluarkan album keempat dan kelima. Kelima album yang dimiliki oleh Baroness sendiri menggunakan desain ilustrasi yang dirancang oleh Baizley. Musisi ternama ini pernah mengaku pada sebuah wawancara bahwa seni visual merupakan hal pertama yang masuk ke dalam dirinya sebelum bermusik. Hal tersebut dapat terjadi lantaran kedua orang tuanya memiliki latar belakang seni rupa. Karena hal itu pula, Baizley mulai mengenal seni visual sejak dini. Menempuh pendidikan seni selama 3 tahun bukan menjadi peristiwa penting dalam karirnya di dunia seni visual. Pendidikan yang ia dapatkan merupakan bantuan kepadanya dalam membuka diri terhadap ragam seni yang ada. Jika dilihat secara teknis, tidak ada hal yang sanggup ia pelajari dengan sendirinya. Selama berkarir sebagai seorang musisi, Baizley tidak meninggal seni visual dalam kehidupannya.

Baca juga : Karya Seni Mistik Seorang John Dyer Baizley

Baizley pernah berhenti dalam mempelajari seni visual. Hal itu terjadi akibat permasalahan pribadi dan masalah ketergantungan obat-obatan terlarang yang ia alami. Setelah Baroness berhasil merekam album pertamanya, grup musik metal ini membutuhkan penampilan sampul album yang sesuai dengan imagenya. Dari titik inilah Baizley memulai karya seninya kembali. Karya seni yang ia ciptakan mulai dikenal oleh banyak pasang mata. Setiap tahunnya, Baroness berhasil menyelenggarakan konser sebanyak 250 kali. Karya visual yang diterapkan oleh Baizley fokus pada tema makhluk mitos dan kehidupan. Setiap pembuatan karya seninya, Baizley juga memperhatikan penggunaan warna. Konsep imaji surreal dan pendekatan yang realistis diterapkan pada semua karya seni visual yang dibuatnya. Karya seni yang dibuat oleh Baizley tidak hanya dapat dilihat pada cover album tetapi juga pada merchandise band musik lainnya. Karya seni hasil jari jemari Baizley tidak perlu diragukan lagi. Setiap karya yang dihasilkannya merupakan karya seni yang menakjubkan.