Karya Seni Unik dan Menarik dari Sosok John Dyer Baizley

Karya Seni Unik dan Menarik dari Sosok John Dyer Baizley

Seni mencakup banyak aspek. Ada pelukis dengan beragam karya lukisannya. Ada juga musisi yang menghasilkan karya dalam bidang musik, baik itu sebagai penyanyi, pemain alat musik, penulis lagu, dan juga composer. Biasanya, seorang seniman akan unggul dalam satu bidang saja, tapi ada juga seniman yang ahli dalam banyak bidang, dan John Dyer Baizley adalah salah satunya. Sosk Baizley tentu tidak asing bagi penikmat musik. Baizley dikenal sebagai anggota utama dari band Baroness. Sudah ada beberapa album yang lahir dari band ini dan melambungkan nama Baizley sebagai pentolannya. Namun ternyata, Baizley ini cukup unik karena ternyata kecintaannya di bidang seni tidak membatasinya hanya mencintai bidang musik saja. Seni lukis hingga fotografi pun dia minati dan bahkan karya-karyanya dikenal menarik dan unik dengan tema yang tidak umum.

Sosok John Dyer Baizley lahir dan juga besar di Rockbridge County, Virginia. Masa kecilnya memang dia habiskan di salah satu wilayah negara bagian Amerika Serikat tersebut. Namun, dia berpindah dari Viriginia, Amerika Serikat ketika menginjak usia 18 tahun. Baizley mengambi keputusan untuk mendaftarkan diri di sekolah seni desain dan lokasinya tidak ada di Viirginia, tapi di Rhode Island. Walau demikian, ternyata Baizley memillih untuk tidak menyelesaikan studinya tersebut. Setelah mengenyam pendidikan selama sektitar tiga tahun, Baizley memutuskan untuk berhenti dan dia pun kemudian kembali lagi ke Virginia. Meski begitu, apa yang dia pelajari selama studi dan darah seninya membuat tidak bisa bertahan lama di Virginia. Baizley pun meningkalkan kota kelahirannya itu dan akhirnya pindah di Savannah pada 2003. Di Savannah inilah, rintisannya di dunia seni dimulai dengan dia mendirikan Baroness dan menjadi jalurnya untuk dikenal di dunia musik. Nama Baroness mulai dikenal dan populer hingga kemudian popularitasnya meningkat. Baroness pun berhasil mengeluarkan lima album. Di tiap album, hadir karya visual buatan dari John Dyer Baizley dan dari situ pulalah sosok Baizley dikenal juga di luar karya musiknya. Karya visual dari Baizley pun banyak dikenal dan dia banyak diminta juga untuk membuat cover album dan karya lukis. Dari situlah, sosok John Dyer Baizley tidak lagi hanya sosok musisi tapi juga seorang pelukis.

Dari aspek musikalitasnya, tentu ini perlu menjadi hal yang perlu diketahui. Biar bagaimanapun, musik menjadi dunia seni yang membesarkan namanya pertama kali. Bersama Baroness, identitas musik John Dyer Baizley pun dikenal. Baroness sendiri adalah suatu grup band dengan aliran musik progressive metal. Aliran musik dan karya musik dari Baroness ini sudah dikenal luas secara internasional sehingga tidak ada hal yang perlu diragukan. Dari segi sentuhan musiknya, konsep metal yang sangat kuat benar-benar ditunjukkan. Ini dipadukan dengan ambient, psikedelia, dan aksen lainnya yang semakin memperkaya dan membuat identitas musk Baroness dan John Dyer Baizley menjadi semakin jelas dan berbeda dari musisi lainnya. Dalam tiap penampilan yang ada pun, identitas hardcore yang ada selalu bisa dirasakan, termasuk dalam tiap melodi dan irama musiknya. Dengan hal itu, progressive metal memang menjadi identitas yang paling jelas dari musisi ini, Identitas dari Baroness ini semakin ditegaskand dengan karya visual dan desain yang menarik di tiap album yang merupakan karya langsung dari John Dyer Baizley.

Album pertama dari Baroness resmi mengudara di tahun 2007. Ini tepat empat tahun sejak berdirinya Baroness atau ketika John Dyer Baizley mulai meniti karir musiknya di Savannah, Georgia. Album berjudul Red Album pun langsung disambut dengan baik dan bahkan langsung memperoleh gelar sebagai album of the year. Tanggapan positif diberikan oleh para pendengar serta kritikus musik. Dua tahun setelahnya, album kedua berjudul Blue Record pun hadir dua tahun setelahnya. Album inipun kembali mendapatkan tanggapan sangat bagus dan bahkan menjadi salah satu dari 20 album metal terbaik sepanjang sejarah sesuai apa yang diberikan oleh LA Weekly pada tahun 2013. Walau sempat mengalami kecelakaan parah dan semua member Baroness harus istirahat, John Dyer Baizley dan rekan-rekannya kembali bermusik dan aktif sampai sekarang dengan album terbarunya berjudul Gold and Grey.

Album yang dikeluarkan oleh Baroness menjadi identitas musik dari John Dyer Baizley. Popularitas dan gelar yang didapatkan membuktikan bahwa musikalitas dari Baizley yang tertuang dalam lagu-lagunya di Baroness tidak sekedar musik biasa saja, tapi benar-benar musik yang menarik dan sangat bagus. Namun seperti yang sudah disebutkan, John Dyer Baizley tidak saja menjadi musisi dalam genre progressive metal. Baizley juga dikenal sebagai seorang pelukis. Ini terlihat dan mulai dikenal dari desain visual dalam cover album Baroness. Namun, dia pun membuat karya lukisnya sendiri. Sama halnya dengan identitas musik unik yang bagus di Baroness, Baizley kembali memukau dunia seni dengan tema dan karya lukisnya yang terbilang out of the box. Baizley pun menyebutkan dalam suatu wawancara bahwa dirinya sebagai pelukis dan kecintaannya dalam dunia lukis justru lebih muncul lebih awal dibandingkan kecintaannya dalam dunia musik. Ini tidak lepas dari orang tuanya yang adalah orang-orang yang juga bergerak di bidang seni rupa. Studinya selama tiga tahun, walau tidak selesai, juga berkontribusi dalam mematangkan dirinya dalam dunia seni visual. Anda bisa melihat dan menemukan hasil karya nya di website online seperti https://hokimenang.net.

Seperti yang sudah disebutkan, karya seni visual yang dibawakan oleh John Dyer Baizley memang out of the box dan tidak seperti kebanyakan lukisan pada umumnya. Tema mistis dan makhluk gaib menjadi hal yang dia tunjukkan dalam karya-karya visualnya. Namun, ini tidak lantas membuatnya menjadi orang yang tidak realis. Walau imajinasinya dengan tema mistis itu memegang peranan penting dan menjadi karakter, dia tetap merupakan seorang realis karena karya visualnya tetap dihubungkan langsung dengan pengalaman hidupnya dan hal-hal yang ada di sekitarnya.